Home » , » Fakta-Fakta Nyata Sungai Di Dasar Laut

Fakta-Fakta Nyata Sungai Di Dasar Laut

Written By A on 05/12/2010 | 12:15 pm


Kabarnya di Cenote Angelita, Mexico telah ditemukan sebuah sungai di dasar laut. Yes you read it, sungai itu ada di dasar laut. Malahan ada fenomena lain yang ngga kalah aneh di tempat ini yaitu 30 meter dari permukaan terdapat lapisan air tawar sampai kedalaman 60 meter, lebih dalam lagi airnya kembali menjadi air asin. Yang lebih heboh ternyata video yang berisi rekaman sekelompok penyelam yang menelusuri daerah ini kabarnya sedang marak diperbincangkan di internet.Yang lebih menghebohkan lagi menurut sebuah blog bernama Sajadah Sukses (dan beberapa sumber lainnya) penemu dari tempat ini, Jacques Yves Costeau pindah agama menjadi islam karena tempat ini. Kabarnya Costeau menceritakan pengalamannya kepada seorang professor muslim, dan professor itu memaparkan ayat-ayat Al Quran yang menjelaskan tentang bertemunya 2 lautan (Ar-Rahman ayat 19-20). Terkagum dengan penjelasan professor itu akhirnya Costeau pun pindah.

Semudah itulah dia berpindah agama.
Akhirnya gw mencari beberapa sumber lain di internet dan akhirnya gw tau kalo banyak sekali informasi yang salah tentang fenomena ini.

Pertama masalah penemunya. Jacques Yves Costeau adalah seorang yang banyak berjasa di bidang dunia selam. Terlahir tahun 1910, beliau telah membuat ratusan video dokumenter (beberapa diantaranya disiarkan di Discovery Chanel), karya tulis, dan dia juga adalah penemu Aqua Lung (tabung untuk scuba diving). Costeau meninggal pada tahun 1997 dan dia disemayamkan di Notre Dame Cathedral, Paris.

Wait Notre Dame? Berarti dia bukan orang islam dong? Lalu kalo dia meninggal tahun 97 kenapa kabar penemuan tempat ini baru beredar sekarang. Apa lagi kuat sekali kemungkinannya tempat ini ditemukan baru-baru ini kalo melihat dari hasil rekaman videonya.

Menurut Wikipedia gosip Costeau masuk islam ini sudah ada sejak tahun 1989. Dan tentu saja kabar itu bohong. Malah menurut blog yang dimiliki Widyo Rio pihak Costeau pernah menerbitkan surat pembantahan gosip ini. Kabarnya gosip ini beredar ketika mencuatnya fenomena tidak bercampurnya air Laut Merah dan Samudra Hindia di Selat Bab-Ul-Mandab tempat keduanya bertemu.

Dan lagi setelah di cek ke website resmi fondasi penyelam Costeau nama Cenote Angelita tidak termasuk ke daftar tempat yang pernah mereka eksplorasi. Jadi Kalo bukan Costeau dan kelompok penyelamnya jadi siapa dong?

Ternyata penemunya adalah Anatoly Beloschin, seorang fotografer bawah laut asal Rusia. Ngga banyak artikel tentang orang ini di Google selain dari kabar-kabar heboh yang ditulis oleh blogger lokal. So agak sulit buat bisa tau latar belakang orang ini. Tapi yang jelas dia cukup aktif ikut lomba fotografi laut seperti yang dibuat oleh Under water Images.

Ok masalah penemu beres, sekarang masalah fenomena sungai di dasar lautnya. Apakah itu benar-benar sungai? Di video yang beredar di internet sesuatu yang orang-orang sebut aliran sungai itu lebih mirip seperti kabut, atau asap. Terlihat jelas saat salah satu penyelam mencoba masuk ke dalamnya. Tapi apakah zat apa itu sebenernya?

Sebenernya zat yang menyerupai aliran itu adalah Hidrogen Sulfida. Yaitu suatu gas yang tidak berwarna, beracun, mudah terbakar dan berbau seperti telur busuk biasanya muncul di rawa, saluran pembuangan, atau bisa juga terjadi karena aktivitas gunung merapi dan gas alam. Nah zat inilah yang menimbulkan ilusi sungai yang sebenernya berupa kabut/ awan.

Gw sendiri menemukan sebuah blog yang membahas sisi ilmiah tempat ini secara lengkap yaitu Blog Enigma. Di situ terdapat penjelasan yang sangat terperinci tentang fenomena aneh yang terjadi di Cenote Angelita termasuk masalah lapisan air tawar di tengah-tengah air laut asin yang ternyata terjadi karena fenomena Halocline.

Halocline adalah sebuah zona vertikal di dalam laut dimana kadar garam berubah dengan cepat sejalan dengan perubahan kedalaman. Perubahan kadar garam ini akan mempengaruhi kepadatan air sehingga Zona ini kemudian berfungsi sebagai dinding pemisah antara air asin dan air tawar. So ngga aneh sebenernya kalo ada lapisan air tawar di tengah air laut asin kalo kita mengetahui fenomena ini.

Ternyata setelah ditelusuri ternyata tempat ini ternyata ngga semisterius dan seajaib yang dipaparkan Silet dan Sajadah Sukses. Fenomena apapun yang terjadi di dunia ini sebenernya bisa dijelaskan secara ilmiah tinggal semuanya tergantung pada kita. Mau mempercayai semua itu sebagai fenomena mistis yang penuh keajaiban atau mempercayai itu sebagai suatu fenomena yang tak biasa tapi masih bisa dijelaskan secara ilmiah.
sumber cicalfajar.com
Share this article :
 
Copyright © 2013. Rei Gamerz - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger